19 Agustus: Hari Kemanusiaan Sedunia

19 Agustus diperingati sebagai Hari Kemanusiaan Sedunia (World Humanitarian Day) oleh PBB untuk upaya dan pengorbanan para pekerja kemanusiaan di seluruh dunia.

Caritas Internationalis berterima kasih kepada para pekerja kemanusiaan Konfederasi Caritas di 200 negara, yang melindungi dan menjunjung tinggi martabat manusia serta melayani, menemani, dan membela orang miskin dan yang paling rentan.

“Staf Caritas selalu ada, di mana pun di dunia, setiap saat: sebelum, selama, dan setelah krisis,” kata Aloysius John, Sekretaris Jenderal Caritas Internationalis.

Relawan Caritas Keuskupan Agung Pontianak dalam Tanggap Darurat bencana banjir yang melanda wilayah Keuskupan Sintang dan Keuskupan Sanggau, November 2021 (Foto: Caritas PSE Keuskupan Agung Pontianak/Caritas Indonesia)

“Mereka bersama dan menjadi bagian dari komunitas, tidak hanya memberikan bantuan kemanusiaan, tetapi juga bekerja untuk pembangunan berkelanjutan, perdamaian, dan kohesi sosial. Mereka menawarkan jasa mereka, dan bahkan hidup mereka, untuk kepentingan sesama manusia”.

Kampanye berjudul “Pahlawan Lokal Kami” (Our Local Heroes) dipromosikan di situs www.caritas.org dan di saluran media sosial Caritas.

Rm. Fredy Rante Taruk (Direktur Eksekutif Caritas Indonesia) mengunjungi warga terdampak bencana Topan Seroja di Lembata, Nusa Tenggara Timur (Foto: Caritas Indonesia)

Salah satu yang dipromosikan adalah pendampingan yang dilaksanakan oleh Caritas Indonesia bersama Jaringannya sebagai praktik baik, bagaimana Caritas mengupayakan kesiapsiagaan, Pengurangan Risiko Bencana, dan penguatan ketangguhan.

Bersama mengupayakan ketangguhan Paroki di setiap keuskupan, kesiapsiagaan dan perlindungan bagi warga di tengah ancaman merupakan bukti bahwa Caritas bekerja hingga ke akar rumput, bersama komunitas dan menjadi bagian dari komunitas.

2 Comments
  • doni Akur
    Posted at 17:07h, 19 August Reply

    Paus Fransiskus mengatakan, “Caritas tidak dapat menyelesaikan semua masalah, tetapi apa pun yang dilakukan harus menjadi contoh bagi orang lain, yang akan melanjutkannya. Salam Belarasa…

  • sight care
    Posted at 02:59h, 07 January Reply

    Thanks for thr great article!

Post A Comment