
10 Jan [URGENT VACANCY]: Diocesan Accompaniment Officer
Posted at 13:23h
in Berita, Kabar Karina, Kilas Berita, LOWONGAN, Media Release, Penemanan Keuskupan
0 Comments
JABATAN | : | Diocesan Accompaniment Officer |
LOKASI KERJA | : | Jakarta Timur |
DIVISI | : | Diocesan Accompaniment |
TANGGAL | : | Sesegera Mungkin |
1. LATAR BELAKANG
- Caritas Indonesia (Yayasan KARINA) adalah Lembaga Kemanusiaan milik Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) yang berbasis di Jakarta Timur dan secara resmi sebagai anggota konfederasi Caritas Internationalis.
- Caritas Indonesia didirikan pada tahun 2006 dengan fokus pada isu penanggulangan bencana yang diimplementasikan dalam 4 program, yaitu Pengurangan Risiko Bencana, Pendampingan Keuskupan, Kemitraan untuk Ketahanan, dan Peningkatan Kapasitas Tanggap Darurat. Caritas Indonesia berperan sebagai animator, koordinator dan fasilitator bagi 37 Keuskupan yang tergabung dalam Konferensi Waligereja Indonesia.
- Caritas Indonesia (Yayasan KARINA) adalah anggota aktif dari Konfederasi Caritas Internationalis (CI) yang memiliki 167 anggota di seluruh dunia. Caritas adalah jantung dan ujung tombak Gereja untuk menyebarkan cinta kasih kepada orang miskin. Dengan menggunakan Caritas Internationalis Management Standard (CIMS), Caritas Indonesia ingin membantu karya sosial Gereja Katolik di Indonesia untuk mengentaskan kemiskinan dan ketidakadilan.
- Karya Caritas Indonesia terintegrasi dengan orientasi strategis CI, seperti melayani karena cinta, mengurangi dampak krisis kemanusiaan dengan meningkatkan kesiapsiagaan dan tanggap darurat, memberdayakan masyarakat untuk memberantas segala bentuk kemiskinan dan struktur yang tidak adil, memperkuat suara orang miskin melalui pendidikan, komunikasi dan publikasi, serta membangun Caritas yang lebih kuat berdasarkan profesionalisme, mobilisasi sumber daya dan pelibatan kaum muda.
2. DESKRIPSI DIVISI
- Program Diocesan Accompaniment (DA) – Pendampingan atau Penemanan Keuskupan merupakan salah satu dari 2 Divisi Program di Caritas Indonesia yang memimpin seluruh elemen program dan manajemen, seperti perencanaan, penganggaran, komunikasi, fasilitasi, dan advokasi, pemantauan, dan kepegawaian khusus untuk memperkuat Caritas Keuskupan – PSE (Pengembangan Sosial Ekonomi).
- MEMPERTANGGUNGJAWABKAN LAPORAN KEPADA: Koordinator DA – Caritas Indonesia (KARINA).
- DURASI KONTRAK: Dua tahun kontrak dengan kemungkinan diperpanjang.
3. TANGGUNGJAWAB UTAMA
- Bertanggung jawab merancang program Diocesan Accompaniment (DA) untuk memperkuat kelembagaan Caritas Keuskupan-PSE.
- Bertanggung jawab dalam penyusunan anggaran Program DA bersama dengan Koordinator DA.
- Menjadi orang yang secara khusus mengadvokasi atau memfasilitasi setiap program DA untuk keuskupan, baik secara online atau offline.
- Menjadi orang yang secara khusus menangani isu-isu lintas sectoral di tingkat nasional dan keuskupan, antara lain; Isu migran, pengungsi dan gender.
3. TUGAS
- Memfasilitasi Pelatihan Pendampingan Keuskupan bagi Keuskupan yang membutuhkan.
- Memberikan bantuan teknis dan pemberdayaan kepada Caritas Keuskupan – PSE atau lembaga sosial pastoral lainnya sehubungan dengan program DA.
- Memastikan Keuskupan melaksanakan rencana tindak lanjut dan memberikan bantuan sesuai permintaan Keuskupan.
- Memantau anggaran untuk kegiatan dan pelaksanaan program/proyek.
- Menyiapkan dan meninjau kesepakatan program/proyek antara Caritas Indonesia dan Keuskupan untuk kegiatan program/proyek.
- Bertanggung jawab untuk menulis laporan bulanan kegiatan program/proyek kepada Koordinator Program DA.
- Bertanggung jawab untuk menulis laporan analisis tengah semester dan akhir kegiatan program/proyek kepada Koordinator Program DA.
- Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Lembaga atau komisi, baik di tingkat nasional (KWI) maupun ditingkat keuskupan, terkait dengan isu-isu lintas sektoral (Migran, pengungsi dan gender).
- Siap diterjunkan ke daerah darurat sebagai perwakilan Caritas Indonesia.
- Sebagai perwakilan lembaga dalam setiap forum koordinasi di Indonesia yang akan memfasilitasi pertukaran informasi, pembelajaran, dan pengalaman bagi staf dan lembaga Caritas Keuskupan.
- Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasannya dan Direktur Eksekutif Caritas Indonesia selama tugas pokoknya tidak terputus dan masih dapat dikelola.
4. PRINSIP KERJA
- Pemahaman yang baik terhadap dokumen-dokumen utama Gereja, seperti Deus Caritas Est, Caritas in Veritate, Evangelii Gaudium, dan Laudato Si’ sebagai landasan spiritual Caritas Indonesia.
- Komitmen yang kuat pada belas kasih kemanusiaan dan pelayanan kepada orang miskin seperti yang dijelaskan dalam Ajaran Sosial Katolik.
- Patuhi visi, misi dan prinsip-prinsip Caritas Indonesia (Yayasan KARINA), serta nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang menjadi pedoman Caritas Internationalis.
- Mampu bekerja dalam tim, internal dengan staf program dan tim kerja dari institusi lain.
- Perencanaan program yang baik dan implementasi yang baik.
- Kemampuan yang kuat untuk menyeimbangkan kondisi diri, mental dan emosional.
- Partisipatif, komunikatif, efisien, akurat dan suportif.
- Tidak korupsi, akuntabel dan bertanggung jawab.
- Transparan (harus sesuai dengan apa yang telah dikeluarkan dan diterima, serta menunjukkan bukti-bukti pendukung).
5. PERSYARATAN
- Lulusan S1/S2 (disiplin apapun).
- Memiliki pengalaman minimal 3 tahun sebagai Program Officer atau mengelola/melaksanakan program pengembangan.
- Memiliki pengalaman dengan sektor Nirlaba dan organisasi atau jaringan Katolik, bekerja dengan Keuskupan merupakan keuntungan.
- Memiliki pengalaman dalam perencanaan program, pengelolaan program dan anggaran program.
- Memiliki pengalaman dalam pengelolaan Manajemen Siklus Proyek, Pengurangan Risiko Bencana dan Tanggap Darurat.
- Memiliki pemahaman yang baik tentang prinsip dan tantangan program respon kemanusiaan.
- Memiliki keterampilan desain dan pelaporan proyek tertulis yang dikembangkan dengan baik, dan pengalaman dalam melaporkan program bantuan dan pembangunan internasional.
- Memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang sangat baik, membangun hubungan, kepemimpinan, diplomasi, kebijaksanaan dan kesabaran.
- Lancar berbahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan.
- Mampu bekerja secara mandiri sesuai kebutuhan dan sekaligus mampu bekerja dalam tim.
- Memiliki pemahaman tentang strategi untuk bekerja dengan yang termiskin, terpinggirkan dan paling rentan.
- Memiliki pengetahuan tentang rangkaian program Microsoft Office dan digital.
6. PROSEDUR PENDAFTARAN
- Surat Pengantar dengan tulisan tangan di atas 1 lembar kertas ukuran A4 (putih polos dan tanpa garis) dan menyampaikan kesesuaian Anda:
- Pengalaman Anda relevan dengan posisi yang Anda lamar.
- Alasan Anda tertarik pada posisi yang Anda lamar.
- Ketersediaan tercepat untuk mulai bekerja.
- Gaji saat ini/terakhir dan yang diharapkan.
- Resume/CV terbaru.
- Daftar 3 referensi profesional (nama, jabatan, organisasi, hubungan dan nomor kontak).
- Fotokopi KTP yang masih berlaku.
- Silakan kirim semua dokumen di atas dalam 1 (satu) email:
- ditujukan ke hr-admin@karina.or.id dan dini21@karina.or.id
- subject email: Diocesan Accompaniment Officer – Jakarta [nama pemohon]
- Sebelum Jumat, 14 Januari 2022, pukul 17.00 WIB
- Hanya kandidat TERPILIH yang akan DIHUBUNGI oleh Caritas Indonesia.
============================================================================================
No Comments