[URGENT]: FINANCE COORDINATOR

 

CARITAS INDONESIA (Yayasan KARINA)

JOB VACANCY

Posisi : Finance Coordinator
Lokasi : Palu, Sulawesi Tengah
Divisi & Program : ER-DRR (Rehabilitation Program)
Prioritas : SEGERA

 

I. RISALAH:

Caritas Indonesia (Yayasan KARINA-KWI) adalah Lembaga Pelayanan Kemanusiaan milik Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) yang terletak di Jakarta Timur dan menjadi anggota aktif dari Konfederasi Caritas Internationalis. Didirikan pada tahun 2006, Caritas Indonesia saat ini menjalankan program dan kegiatan berdasarkan Rencana Strategis tahun 2018-2022. Adapun program dan pelayanan yang saat ini dikerjakan adalah Program Tanggap Darurat dan Pengurangan Risiko Bencana (ER-DRR), Program Penguatan Komunitas (Community Empowerment), dan Program Pendampingan Keuskupan (Diocesan Accompaniment).

Caritas Indonesia menerima mandat dari KWI untuk memerankan fungsi animasi, koordinasi dan fasilitasi bagi Caritas-caritas Keuskupan dan Lembaga Sosio-Pastoral Keuskupan di seluruh Indonesia. Salah satu peranannya adalah memberikan bantuan dan pendampingan kepada Caritas-PSE Keuskupan Manado dalam menjalankan kegiatan respon tanggap darurat bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang terjadi pada September 2018 lalu di wilayah Sulawesi Tengah. Termasuk di dalamnya adalah kegiatan pemulihan dan rehabilitasi pasca bencana hingga saat ini.

II. TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB:

Finance Coordinator bertanggung jawab penuh atas pengelolaan keuangan, baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan dan penyerapan anggaran, untuk Program Pemulihan dan Rekonstruksi dari Caritas PSE Manado.

Secara khusus tugas dan tanggung jawab yang akan diampu adalah:

  1. Menerapkan prosedur keuangan dan akuntansi sesuai dengan PSAK 45, Standar Caritas dan peraturan keuangan yang berlaku umum untuk menjamin efisiensi dan efektivitas pelaksaan program.
  2. Melakukan analisis terhadap laporan keuangan program dan memberikan rekomendasi, serta memastikan bahwa operasional keuangan berjalan sesuai dengan kebijakan dan prosedur keuangan yang berlaku serta logframe dan rencana program.
  3. Memastikan bahwa pembayaran pajak dilakukan secara tepat waktu sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku umum, serta memonitor inventarisasi aset tetap lembaga dan program/proyek.
  4. Memastikan bahwa laporan keuangan lembaga dan program/proyek disampaikan secara berkala/tepat waktu kepada line manager sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku.
  5. Memberikan arahan/koordinasi, penilaian, kapasitas dan motivasi kepada seluruh staf di Divisi Keuangan guna tercapainya kualitas terbaik kinerja keuangan yang efektif, efisien dan akuntabel.
  6. Menjadi contact person lembaga untuk urusan perbankan dan perpajakan negara. Berpartisipasi dalam pertemuan/diskusi dengan mitra lokal dan internasional terkait dengan bidang keuangan.
  7. Berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan dari mitra lokal dan internasional guna peningkatan kapasitas dan kinerja keuangan.

III. MELAPOR KEPADA: Program Manager

 

IV. DURASI KONTRAK: 1 (satu) tahun.

 

V. PERSYARATAN:

  1. Lulusan D3 Akuntansi atau S1 Ekonomi (Akuntansi).
  2. Mempunyai pengalaman minimal 4 tahun di bidang akuntansi/keuangan.
  3. Mempunyai pengalaman minimal 2 tahun bekerja di lembaga non-profit, khususnya untuk pelayanan kemanusiaan dan pemberdayaan.
  4. Memahami PSAK 45 dan peraturan perpajakan di Indonesia.
  5. Memahami hal-hal yang terkait dengan isu resiliency, humanitarian aid dan adaptasi perubahan iklim.
  6. Mampu membuat analisis dan konsep untuk bekerja sistematis.
  7. Mempunyai jiwa kepemimpinan, kreatif dan kemanusiaan yang tinggi (berbelarasa).
  8. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan dapat bekerjasama dalam tim.
  9. Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris dan Indonesia yang baik, baik lisan maupun tulisan.
  10. Mempunyai kemampuan menggunakan komputer tingkat dasar (Word, Excel, dan Powerpoint).
  11. Sensitif terhadap isu-isu gender, keamanan, dan perlindungan.
  12. Diutamakan yang berdomisili di Palu (Sulawesi Tengah), Caritas Indonesia tidak memberikan biaya akomodasi dan travel bagi yang dari luar kota Palu.

 


Surat lamaran, CV dan referensinya (3 orang) dapat dikirimkan ke e-mail:

sdmKARINA@gmail.com, riri.carina@gmail.com dan eva@karina.or.id

paling lambat 12 Februari 2020.


 

No Comments

Post A Comment