“PERDAMAIAN DI SURIAH MUNGKIN” – Caritas Indonesia – KARINA

“PERDAMAIAN DI SURIAH MUNGKIN”

13/10/2016
pressrelease2

Karya artis Suriah untuk Kampanye Caritas bertema “Perdamaian di Suriah Mungkin”

“Perdamaian di Suriah Mungkin”, kata Paus Fransiskus dalam dukungannya untuk kampanye Caritas.

Paus Fransiskus mendesak bangsa-bangsa untuk menemukan solusi politik terhadap perang di Suriah, sebagai bagian Kampanye Caritas Internationalis yang bertema “Perdamaian di Suriah Mungkin”.

“Saya ingin mengajak umat beriman dan semua orang yang berkarya dengan Caritas untuk membangun masyarakat yang adil,” kata Paus Fransiskus, dalam pesan lewat video yang dipublikasikan tanggal 5 Juli, 2016, “Perdamaian di Suriah Mungkin”.

“Setiap orang harus mengakui bahwa tidak ada solusi militer di Suriah, melainkan solusi politik,” kata Paus. “Maka dari itu, masyarakat internasional harus mendukung pembicaraan damai menuju pembangunan sebuah pemerintah persatuan nasional.”

“Saya mengundang Anda untuk  meminta mereka yang terlibat dalam pembicaraan damai untuk menyepakati sungguh-sungguh dan berkomitmen untuk memfasilitasi akses bagi bantuan kemanusiaan.”

Urusan dengan dampak kemanusiaan akibat 5 tahun perang di Suriah adalah tanggap darurat terbesar Caritas di dunia.

Caritas membantu makanan, kesehatan, kebutuhan dasar, pendidikan, hunian sementara, konseling, perlindungan dan mata pencaharian baik bagi mereka yang berada di Suriah maupun para pengungsi yang mengungsi di Negara-negara pemenerima. Lembaga Caritas Nasional (Suriah) telah membantu 1,3 juta orang hanya pada tahun lalu saja.

Caritas juga mendorong para pendukungnya di seluruh dunia untuk mendesak pemerintahnya masing-masing untuk:

  1. Memastikan semua pihak yang berkonflik untuk duduk bersama menemukan solusi damai,
  2. Mendukung jutaan orang yang terkena dampak perang,
  3. Menjamin martabat dan harapan kepada warga Suriah di dalam maupun diluar negaranya.

“Sementara orang menderita, sejumlah besar uang dihabiskan untuk membantu senjata kepada para serdadu. Beberapa negara yang membantu senjata ini juga berbicara tentang perdamaian,” kata Paus Fransiskus, “Bagaimana orang dapat percaya kepada mereka yang membelaimu dengan tangan kanan sambil memukulmu dengan tangan kiri?”

Caritas meluncurkan web baru untuk mendukung kampanye syria.caritas.org yang melibatkan secara khusus karya seni artis Suriah, Tamman Azzam, sebuah film animasi perang, sekumpulan foto yang memenangkan award dan kesaksian-kesaksian warga Suriah yang tinggal baik di dalam maupun luar negeri sebagai pengungsi di negara-negara perbatasan dan negara lainnya.

Presiden Caritas Internationali, Cardinal Luis Antonio Tagle telah bertemu dengan orang Suriah di Lebanon and Yunani. Dia berkata, “Mereka ini bukan sekedar angka, tetapi mereka adalah manusia. Kita perlu memberi mereka harapan, martabat dan kedamaian. Atas nama semua orang yang terkena dampak konflik, kita menyerukan kepada semua orang, kita bisa bekerja untuk perdamaian di Suriah.”

Silahkan menghubungi Patrick Nicholson di nomor +39-06-689-79-725 atau +39-334-359-07000, nicholson@caritas.va

Ikuti kampanye di twitter #peacepossible4syria @iamCaritas

Admin, diterjemahkan dari “Peace is possible in Syria” says Pope Francis in support of Caritas campaign (Team Kampanye Caritas Internationalis)

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta